Thursday, March 6

Jenis - Jenis Jaringan Komputer


Jaringan computer berdasarkan metode koneksinya, ada dua yaitu:
a) Wired/wireline network adalah jaringan yang berkabel. Kabel yang digunakan adalah kabel koaksial, ….Twisted fair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan kabel STP (shielded Twisted Pair) serta serat optic (FO, Fiber Optik).
b) Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel/nirkabel yang merupakan jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk berkoneksinya.


 Jaringan computer berdasarkan jangkauan wilayah, antara lain :

1.      Internet
         
          yaitu jaringan yang memiliki jangkauan global dan dapat menghubungkan komputer pribadi, jaringan LAN, MAN, dan WAN di seluruh dunia sehingga komputer kita bisa terhubung dengan jaringan-jaringan di seluruh dunia.

2.   Jaringan LAN (Local Area Network)
         
         yaitu jaringan yag dibangun untuk menghubungkan komputer
berjumlah sedikit misalnya di laboratorium komputer smp vidatra. Ada 2 tipe jaringan Lan yaitu peer to peer dan client-server.
3.    Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
           
         yaitu jaringan yang dibangun untuk menghubungkan berbagai komputer dalam jangkauan 1 kota dengan menggunakan jalur telepon. Dapat menghubungkan kantor cabang dengan kantor cabang lainnya. 
4.     Jaringan WAN (Wide Area Network)
       
           yaitu jaringan yang dibangun untuk menghubungkan berbagai komputer dalam  skala nasional atau internasional. Sistem ini dapat menghubungkan kantor-kantor cabang dengan kantor pusat.

No comments:

Post a Comment